Cara Cepat Memutihkan Gigi Menggunakan Bahan Alami

edi wasito blog - Siapa yang tidak menginginkan memiliki gigi yang sehat dan putih berkilau? Tentunya semua orang menginginkan hal tersebut, akan tetapi banyak sekali faktor yang membuat gigi kita menjadi kuning dan hal tersebut bisa membuat kepercayaan diri seseroang menurun.
Gigi yang putih dan berkilau tentu akan membuat senyum dan penampilan kita jauh lebih menarik. Pada sebuah penelitian dari American Dental Association (ADA) yang melibatkan beberapa orang, dan 87% diantara mereka mengatakan bahwa mereka merasa senang apabila melihat orang lain tersenyum terutama jika mereka memiliki gigi yang putih.

Mengapa gigi menjadi kuning?
Sebenarnya saat kita dilahirkan di dunia, kita memiliki gigi yang berwarna putih namun seiring berjalannya waktu dan semakin kita tumbuh, warna gigi bisa berubah dikarenakan banyak faktor. Warna gigi yang terlihat putih secara biologi merupakan warna dari lapisan transparan enamel gigi, dan warna lapisan dentin di dalamnya serta warna dari lapisan yang berada di antara enamel dan dentin. Dalam salah satu penelitian menunjukkan kalau warna gigi bisa berubah dikarenakan oleh noda yang bisa berasal dari luar maupun dari dalam. Berikut ini beberapa faktor yang menyebabkan gigi menjadi kuning baik ekstrinsik (faktor luar) maupun intrinsik (faktor dalam).



Faktor ekstrinsik
Faktor luar yang bisa menyebabkan noda pada gigi diantaranya adalah makanan, rokok, dan alkohol. Mengkonsumsi makanan yang terlalu panas atau dingin juga bisa menyebabkan merusak warna alami gigi sama halnya dengan kopi, coklat, teh dan makanan lainnya.
Tembakau yang memiliki kandungan nikotin didalam rokok juga bisa menjadi salah satu factor penyebab berubahnya warna gigi. Sebenarnya perubahan warna yang terjadi pada gigi disebabkan oleh makanan dan bisa dihindari dengan cara membersihkan gigi atau menyikat gigi setelah makan.

Faktor instrinsik

Selain faktor ekstrinsik yang berasal dari luar, perubahan warna gigi juga bisa diakibatkan oleh faktor yang berasal dari dalam, seperti contohnya adalah beberapa jenis obat-obatan tertentu.

Dengan berjalannya waktu, gigi akan membentuk material atau senyawa diantara lapisan enamel dan dentin dan semakin lama senyawa tersebut akan terakumulasi dalam gigi dan menyebabkan gigi menjadi kuning. Perubahan warna gigi yang disebabkan oleh faktor intrinsik lebih sulit dihilangkan daripada yang disebabkan oleh faktor luar.

Cara memutihkan gigi secara alami
Meskipun perubahan warna gigi atau gigi kuning sulit dihindari, tetap ada cara untuk mengembalikan warna putih alami gigi. Banyak orang yang menghabiskan uang untuk memutihkan gigi dengan cepat di klinik kesehatan dan kecantikan. Jika anda memiliki gigi kuning dan tidak punya cukup uang untuk memutihkannya di klinik kesehatan dan kecantikan, cara-cara berikut ini bisa dapat membantu anda:

1. Strawberry
Strawberry Tidak hanya enak untuk dikonsumsi, tapi strawberry juga bermanfaat untuk memutihkan gigi karena bahan alami yang satu ini memiliki kandungan vitamin C dan asam ellagic yang dapat membantu memutihkan gigi. Berikut ini cara menggunakan strawberry untuk memutihkan gigi.
Cara menggunakanya pun cukup mudah yaitu dengan cara mengkonsumsi Strawberry dan dimakna selama beberapa menit. Lalu Kemudian berkumurlah dengan air hangat Atau anda juga bisa menggunakan cara lain dengan cara menghaluskan sebuah strawberry dengan dicampurkan satu sendok teh baking soda lalu oleskan pasta strawberry pada bagian gigi dan biarkan selama dua menit. Kemudian bilas dengan air hangat untuk mendapatkan hasil yang cepat lakukan perawatan ini dua kali dalam seminggu

2. Minyak kelapa
Siapa sangka bahwa kalau minyak kelapa ternyata bisa digunakan untuk mencegah plak sekaligus menjadikan gigi anda yang awalnya kuning menjadi lebih putih dan bersih. Minyak kelapa merupakan minyak nabati dari hasil ekstrak daging kelapa dan memiliki jenis lemak yang bisa dibilang cukup unik dan sangat kaya akan manfaat, karena keseluruhan dari lemak tersebut terbuat dari Medium Chain Triglycerides (MCTs).
Cara penggunaanya pun cukup mudah yaitu anda Siapkan satu sendok makan minyak kelapa lalu oleskan minyak kelapa ke bagian gigi anda secara merata lalu diamkan selama 10-15 menit. ludahkan minyak kelapa tadi dan kumur mulut anda dengan air bersih dan yang Terakhir sikat gigi anda seperti biasa

3. Gunakan hidrogen peroxida
Hidrogen peroksida merupakan salah satu bahan kimia yang bisa digunakan untuk memutihkan gigi. Senyawa yang terdapat pada hidrogen peroksida biasanya digunakan sebagai produk pemutih pada makanan dan dalam konsentrasi tertentu yang bisa membantu memudarkan noda pada gigi anda. Hidrogen peroksida banyak dijual di apotik dan toko bahan kimia. Jika anda ingin menggunakan hidrogen peroksida untuk memutihkan gigi sebaiknya pilih produk hidrogen peroksida yang memiliki label food grade atau aman untuk dikonsumsi.
Cara menggunakannya cukup Larutkan seujung sendok hidrogen peroksida pada segelas air lalu gunakan larutan tersebut untuk berkumur, Selain digunakan untuk berkumur, bahan yang satu ini juga bisa anda digunakan untuk membuat pasta gigi alami dengan mencampurkan baking soda.
Ingatlah untuk selalu berhati-hati saat menggunakan hidrogen peroksida saat berkumur atau menyikat gigi, karena Penggunaan yang berlebihan akan mengakibatkan keusakan pada gigi anda dan disarankan untuk menggunakannya satu bulan sekali.

4. Cuka sari apel

Cuka sari apel atau yang biasa dikenal dengan sebutan apple vinegar merupakan cuka yang tebuat dari hasil fermentasi buah apel. Beberapa penelitian telah membuktikan kalau cuka sari apel bisa menghilangkan noda pada gigi terutama yang disebabkan oleh kafein dari teh atau kopi serta nikotin yang terkandung dalam rokok. Berkumur menggunakan cuka sari apel juga bisa membunuh bakteri yang ada pada mulu.
Cara menggunaknnya anda cukup larutkan dua sendok cuka sari apel pada setengah gelas air mineral lalu gunakan untuk berkumurlah dengan larutan tersebut selama kurang lebih satu menit. Untuk menetralkan kondisi mulut setelah berkumur, sebaiknya anda segera gosok gigi dengan menggunakan pasta gigi yang biasa anda pakai. Lakukan perawatan ini secara rutin dua kali dalam seminggu.


Tips mencegah gigi menjadi kuning

Seperti yang anda tahu bahwa gigi yang kuning dapat mempengaruhi penampilan kita dan terkadang membuat kita tidak percaya diri. Untuk menjaga agar gigi tetap putih dan bersih, lakukan beberapa hal berikut ini :

1. Menyikat gigi dengan rutin
Malas menggosok gigi merupakan salah satu faktor ekstrinsik penyebab gigi menjadi kuning. Jika anda ingin memiliki gigi yang sehat, putih dan berkilau jarinlah dalam menggosok gigi,  minimal dua kali dalam sehari setelah makan terutama sebelum tidur.

Menggosok gigi tidak hanya akan membersihkan mulut dari bakteri dan sisa makanan, namun juga bisa membantu mengembalikan warna alami gigi. Saat ini banyak sekali produk pasta gigi yang mengandung pemutih di pasaran, anda tinggal memilih saja mana pasta gigi yang menurut anda bagus. Selain itu pilihlah sikat gigi yang sesuai untuk gigi anda, usahakan untuk tidak memilih sikat gigi dengan bulu yang terlalu keras karena hal tersebut bisa mengakibatkan gusi terluka.

2. Hindari merokok dan mengkonsumsi alkohol
Rokok berasal dari tanaman tembakau yang memiliki kandungan nikotin. Zat nikotin yang ada pada rokok bisa menempel pada lapisan enamel gigi dan lama kelamaan menimbulkan noda pada lapisan enamel. Noda yang menempel pada gigi akan terakumulasi dan menutupi warna alami gigi sehingga membuat warna gigi menjadi kuning.
Sama seperti rokok, minuman berakohol seperti bir atau anggur juga bisa menyebabkan gigi menjadi kuning dan sangat sulit untuk dihilangkan. Jika anda tidak ingin memiliki gigi kuning, maka sebaiknya  hentikan kebiasaan merokok dan meminum alkohol mulai dari sekarang. Selain, bisa bermanfaat untuk kesehatan gigi menghentikan kebiasaan buruk seperti merokok dan minum alkohol anda juga bisa terhindar dari berbagai macam penyakit termasuk kanker dan serangan jantung.
Cobalah pilih salah satu cara untuk memutihkan gigi yang telah kita bahas di atas dan tunggu hasilnya selama beberapa minggu. Jika dalam waktu beberapa minggu hasilnya kurang memuaskan, anda bisa menggunakan cara yang lainnya, atau mungkin anda memiliki cara tersendiri untuk memutihkan gigi yang kuning.

semoga bermanfaat. :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar